Jumat, 18 Juli 2014

Contoh Essay untuk Aplikasi LPDP; RENCANA STUDI

Berikut merupakan contoh essay saya yang saya gunakan untuk aplikasi LPDP. Setiap jurusan tentu punya ke.khusus.an masing-masing. Mennghubungkan antara ilmu yang akan diperoleh dengan karir setelah sekolah, menurut saya sangat diperlukan dalam menulis essay ini. Essay saya sangat sederhana, namun semoga contoh ini bermanfaat..

"RENCANA STUDI"

Saya telah menyelesaikan studi saya di Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2011 dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif yang memuaskan, X.YZ. Di jurusan ini saya belajar unsur-unsur bahasa, pedagogik, dan metode-metode pembelajaran yang bisa diterapkan pada setiap jenis sub pelajaran yang akan saya ajarkan di kelas nantinya. Saya juga berkesempatan mengahadiri seminar-seminar tentang pembelejaran Bahasa Inggris dengan pembicara baik dari dalam maupun luar negeri. Dunia perkuliahan tentunya tidak membuat saya terhenti dalam memberi manfaat pada komunitas sekitar. Saya terlibat dalam kegiatan masyarakat seperti Radio Komunitas Meuraxa yang terwujud untuk membantu pengembangan ekonomi dan informasi penduduk Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh pasca tsunami 2004.
                Tepat setelah saya wisuda, pekerjaan yang sangat saya harapkan pun ditawarkan. Kelas demi kelas saya hadiri sebagai seorang guru Bahasa Inggris. Mulai dari sekolah Taman Kanak-Kanak, Kursus Bahasa, bahkan tingkat universitas. Menjadi guru TK jelas berbeda dengan menjadi guru bagi mahasiswa. Ada hari dimana paginya saya berperan sebagai guru TK, dan sorenya saya harus menyesuaikan diri dengan mahasiswa yang rentang umurnya sangat jauh dibandingkan murid TK atau SD. Namun demikian, saya menganggap hal ini sebagai tantangan yang harus saya hadapi sampai saya menikmati dan mensyukuri pekerjaan ini. Saat ini saya bekerja di sebuah sekolah internasional berbasis Bahasa Inggris semenjak pagi hingga siang, dan setelahnya saya melanjutkan mengajar Bahasa Inggris di tempat kursus bahkan sampai malam. Saya meyakini satu hal dalam teori belajar mengajar bahwa semakin banyak kita berbagi, maka semakin lama pula ilmu itu bertahan di dalam memori kita
         Walaupun demikian, tidak dapat dipungkiri sesering apapun saya mengajar, pembelajaran dan metode terus berkembang dan saya membutuhkan pembaharuan dalam pembelajaran. Ini artinya saya harus meningkatkan kapasitas ilmu saya dalam bidang belajar dan mengajar Bahasa Inggris, dan untuk itulah saya merasa sekolah kembali di jenjang yang lebih tinggi akan membantu saya mewujudkan peningkatan kualitas saya dalam mengajar. Master of Teaching English as Foreign Language pada dasarnya bertujuan mempersiapkan guru-guru Bahasa Inggris yang berkompeten dan berdnamika dalam peningkatan integritasnya sebagai seorang pendidik. Bidang studi yang diajarkan merupakan kelanjutan dan pengkajian lebih dalam dari ilmu yang sebelumnya pernah saya pelajari di jenjang sarjana, seperti misalnya Discourse Functional Grammar, Second Language Acquisition, Methods for Teaching English as a Second Language merupakan mata kuliah dasar pada gelar pasca sarjana ini. Dan ini merupakan pendalaman dari ilmu-ilmu yang pernah saya dapatkan di bangku sarjana dulu. Ilmu ini sendiri kelak akan sangat membantu saya dalam mengajar Bahasa Inggris baik pada tingkat pembelajar dini sampai dewasa.
               Setelah kepulangan saya tentunya saya akan kembali bekerja di institusi yang telah mengantarkan saya sampai sejauh ini, yaitu XXXX dan YYYY. Saya percaya kedua tempat ini berikut peserta didik dan kolega yang ada disana membutuhkan saya. Di XXXX khususnya, belum ada pendidik yang telah melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi seperti pasca sarjana, dan kehadiran saya akan sangat membantu dalam penyusunan kurikulum sekolah dan penyesuaian sistem yang baik untuk diterapkan di sekolah. Sementara di YYYY dimana ada beberapa kolega yang telah mendapat kesempatan pasca sarjana, namun semuanya merupakan lulusan Australia. Kehadiran saya yang merupakan kelulusan Amerika Serikat tentunya akan memberikan warna batu dalam pengajaran di YYYY dimana peserta didiknya kebanyakan adalah mahasiswa dan pegawai negeri dan swasta yang sedang dalam masa persiapan untuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Dengan akses yang luas ini saya percaya, ilmu yang saya dapat kelak akan dapat saya sebarkan secara optimal di berbagai jenjang dan akan memberi manfaat yang kompetitif bagi pendidikan di Aceh kelak. Semoga saja.


21 komentar:

  1. Halo mbak,. Terima Kasih ya sudah berbagi,.
    Kalo boleh tau mbak dulu lulus LPDP jalur afirmasi atau reguler ya?
    Trus Universitas tujuannya mbak apa ya di usulan studi. Berhubung saya juga jurusan seperti mbak Pendidikan Bahasa Inggris. Dan kalo mbak gak keberatan, saya mw minta emailx mbak supaya bisa diskusi lebih lanjut,. hehe

    Terimakasih
    Than S

    BalasHapus
  2. Hi.. Maaf.. saya baru lihat kalau ternyata ada komen,
    Saya dulu jalur reguler. Di usulan studi saya tulis Master of TESOL. Tapi untuk jurusan Bahasa Inggris kamu bisa pilih Applied Linguistics, Master of ESAP, MAster of Early CHildhood, Master of Intercultural COmmunication, Master of Bussiness English.. Banyak pilihan.

    Boleh.. email saya alot_upik@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Salam kenal kak,

    saya mau bertanya, untuk rencana study itu harus satu jurusan atau boleh lebih dari 1 jurusan?
    Karena saya menyukai dunia hitung menghitung jadi tertarik di bidang matematika dan akuntansi.
    Mohon infonya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin langsung buka link websitenya.. setahu saya cuma ada satu pilihan jurusan yang disediakan. Saya ikutnya sudah lama, ada kemungkinan kebijakannya sudah berubah...

      Hapus
    2. Mungkin langsung buka link websitenya.. setahu saya cuma ada satu pilihan jurusan yang disediakan. Saya ikutnya sudah lama, ada kemungkinan kebijakannya sudah berubah...

      Hapus
  5. Bismillahirrahmanirrahim kk cutmon (maaf kalau namanya salah ---___---'') terimakasih atas rencana studi yang sudah dibagi. saya akan mendaftar LPDP periode ini, jadi mohon doanya ya kak. kebetulan saya juga putri Aceh yang mempunyai mimpi sama seperti kakak dulu :) semoga jejak kakak masih bisa saya kejar ya. ada beberapa pertayaan yang saya ingin tanyakan; (1) kk kemarin ambil negara dan universitas apa? (2) ketika mendaftar apa kakak sudah punya LoA? itu aja kak. terima kasih... sukse selalu buat kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rizki, apa kabar?
      InshaAllah dapat yang terbaik ya.
      1) Kemaren saya daftarnya negara USA, dan universitas Pennsylvania State University. Tapi sekarang sekolahnya tidak disitu, karena
      2)Waktu saya daftar, saya belum dapat LoA, dan baru mendaftar sekolah Penn State Uni sesudah dinyatakan lulus LPDP. NAmun saya gagal.. JAdi saya daftar ke sekolah lain di Australia, dan Alhamdulillah sekarang sudah hampir selessai 3 semester

      Hapus
    2. Halo Rizki, apa kabar?
      InshaAllah dapat yang terbaik ya.
      1) Kemaren saya daftarnya negara USA, dan universitas Pennsylvania State University. Tapi sekarang sekolahnya tidak disitu, karena
      2)Waktu saya daftar, saya belum dapat LoA, dan baru mendaftar sekolah Penn State Uni sesudah dinyatakan lulus LPDP. NAmun saya gagal.. JAdi saya daftar ke sekolah lain di Australia, dan Alhamdulillah sekarang sudah hampir selessai 3 semester

      Hapus
  6. maaf mbak, mau tanya saya juga rencana ambil Master of TESOL di Australia... Nah, yang saya bingingkan, penelitian untuk Thesis itu apakah harus dilakukan di Australia mengingat objek dan topiknya adalah Indonesia. Kalaupun dilakukan di Indonesia, apa LPDP juga bisa mensupport dananya ya..? misal pesawat pp.. Kalau boleh tahu, topik rencana Thesis mbak apa ya?..Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai @restu .. Maaf baru baca. (--")
      Kamu bisa teliti apa saja yang kamu mau yang jelas meyangkut dengan TESOL. Saya kebetulan penelitian di INdonesia, namu belum mengajukan proposal penelitian ke LPDP.. Thesis saya tentang sociolinguistics yaitu hubungan kemerosotan kemampuan bahasa daerah dan hubungannya dengan language planning and policy

      Hapus
  7. Salam kenal kak , kak mau tanya rencana studi s2 itu harus berisikan pengalamn kerja jga ?

    BalasHapus
  8. Salam kenal kak , kak mau tanya rencana studi s2 itu harus berisikan pengalamn kerja jga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam..
      Gakjuga sih, tapi hemat saya akan lebih kuat argumen kamu kalau kamu bisa mengaitkan ilmu yang akan kamu pelajari dengan faedahnya ke kerjaan kamu yg udah ada.

      Hapus
  9. Di rencana studi apakah harus disertakan anggaran biaya?

    BalasHapus
  10. @irvan menurut saya tidak perlu. Kan judulnya rencana studi.. Biaya inshaAllah ditanggung LPDP, jadi kamu tidak perlu menganggarkan biaya kecuali kamu apply ke beasiswa thesis atau disertasi..

    BalasHapus
  11. Assalammualaikum Cutmon, salam kenal...

    Terima kasih telah membagikan contoh essay LPDP nya. Sangat bermanfaat. Kebetulan saya berencana mendaftar LPDP gelombang ketiga ini. Mohon doanya :) Oiya, apa saya boleh meminta kontak email Cutmon dan meminta Cutmon membaca essay yang saya telah buat? (apabila ada waktu dan tidak keberatan). Terima kasih.

    Wassalammualaikum,
    Anneis

    BalasHapus
  12. Halo Kusumaputri... Apa kabar? Senang sekali saya bisa membantu. Tentu saja saya bersedia membantu. Sekarang Alhamdulillah saya telah menyelesaikan belajar saya di Australia. EMail saya cutmon@gmail.com

    BalasHapus
  13. cut mon.. I see ur blog via google.. hehe.. mon.. kami mau jg daftar LPDP. mohon bantuannya yak

    BalasHapus
  14. Nice share kak.. btw, kaka waktu daftar lpdp udah tes toefl apa blum ya?

    BalasHapus